Rabu, 22 Februari 2012

Asah Kualitas, Timnas Tantang Lima Negara Sepanjang 2012

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Timnas senior Indonesia akan menantang lima Negara berbeda dalam laga persahabatan sepanjang tahun 2012. Lima Negara yang akan jadi lawan timnas umumnya berasal dari kawasan Asia Tenggara.

Ketua Komite Timnas, Bob Hippy mengungkapkan lawan timnas kemungkinan adalah Vietnam, Filipina, dan Singapura. “Itu terus kita bicarakan dengan negara Asean lain, termasuk juga akan kemungkinan tim lain dari luar,” ujar Bob saat dijumpai Republika, Rabu (22/2).

Dia menambahkan, agenda laga uji coba timnas juga merupakan bagian dari program federasi sepak bola ASEAN, AFF, untuk meningkatkan peringkat FIFA anggotanya. Karena itulah PSSI akan segera mengadakan pertemuan dengan federasi negara ASEAN lain untuk menentukan tempat dan waktu pelaksanaan uji coba.

“Jadi kemungkinan ada lima kali sepanjang tahun Ini. Kalau mengenai tempat akan gentian. Bisa pertama di Jakarta atau kita yang main ke kandang mereka,” tambahnya.

Namun Bob mengaku belum memikirkan agenda uji coba melawan negara yang memiliki level kelas dunia. Menurutnya, Indonesia akan fokus menjadikan laga uji coba untuk memperbaiki poin FIFA. Karena itulah lawan uji coba yang akan dipilih Garuda sepanjang tahun 2012 adalah tim yang memiliki peringkat FIFA di kisaran 100.

“Kalau lawan negara kuat, rasanya nanti dulu. Kita fokus seja menghadapi tim kawasan ASEAn dan secara bertahap kita akan tingkatkan level uji cobanya melawan negara yang lebih kuat,” cetus Bob.

Di tempat terpisah, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin menyebut program uji coba timnas akan diperuntukkan untuk segala jenjang umur. Tidak hanya tim senior, timnas di kelompok U-16, U-17, U-21, dan U-23 juga akan diikutsertakan dalam sejumlah agenda turnamen dan kalender FIFA.

Hal ini untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dibanding negara lain. “Kita sudah siapkan program besar untuk seluruh kelompok umur timnas. Kita akan aktif mengikuti segala kejuaraan yang selama ini kita jarang ikuti. Ini demi keangkitan sepak bola kita di level internasional,”

Sebagai gambaran, negara seperti Vietnam dan Thailand menimal menggelar empat kali uji coba resmi di luar agenda kejuaraan regional. Sebaliknya, timnas Indonesia lebih sering mengandalkan laga uji coba dengan klub dalam negeri untuk mempersiapkan tim jelang sebuah kejuaraan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar